Kenapa di SPBU Ada Larangan Bermain Ponsel? Inilah Alasannya

Kita semua pasti sudah tahu bahwa ketika ingin mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU selalu ada tanda larangan bermain ponsel. Tanda tersebut diartikan sebagai imbauan untuk tidak menggunakan atau memainkan ponsel di area pengisian bahan bakar.

Tapi apakah benar jika kita memainkan ponsel di area pengisian bahan bakar akan memicu kebakaran?

Ibu Yuyu Wahyu, Salah satu peneliti dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikas LIPI, mengatakan bahwa bermain ponsel didekat pengisian bahan bakar tidak memicu kebakaran. Sebab, sinyal dari ponsel memiliki level yang kecil, hanya sekitar -90 dBm (decibel-miliwatts).

Sinyal itu tidak menimbulkan api, kemungkinan jika ponsel menimbulkan api itu berasal dari baterai yang sambungannya tidak bagus. Tapi itu juga jarang, karena sekarang ini baterai ponsel sudah bagus semua.

Alasan tidak boleh pakai ponsel di SPBU

Menurut Harry Arjadi, peneliti utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI menyebutkan tanda larangan itu berkaitan dengan akurasi takaran BBM. Itu dikarenakan gelombang elektromagntik yang dikeluarkan ponsel ternyata bisa mempengaruhi kinerja mesin elektrik pompa bahan bakar.

“Misalnya, jika dipencet tombol perintah mengeluarkan jenis bensin 1o liter, maka yang keluar hanya satu liter. Atau malah sebaliknya, “ujar Harry.

Sedikit berbeda pendapat dari peneliti LIPI, Eko Kristiawan Unit Manager Communication Relation & CSR Pemasaran Region III atau Mor III PT Pertamina mengatakan bahwa di area SPBU memiliki potensi paparan uap yang mudah terbakar.

Menurut Eko, Ponsel tidak didesain dan tidak memiliki sertifikasi khusus untuk digunakan di area tersebut, terutama didekat mesin pengisian bahan bakar. Sehingga diatur agar tidak mengoperasikan pinsel seluler dalam jarak yang masih berpotensi membahayakan, “jelas Eko.

Senada dengan peneliti LIPI, Eko mengatakan bahwa belum ada penelitian empiris yang membuktikan penggunaan ponsel dapat memantik api saat mengisi BBM.