6 Tips Social Media untuk Bisnis Kuliner

Di zaman serba digital ini, penggunaan platform social media sebagai media untuk mempromosikan suatu bisnis sudah ramai, khususnya bisnis fashion dan kuliner. Sudah bukan rahasia umum lagi jika paltform social media seperti facebook dan instagram sangat populer di masyarakat milenial. Bukan hanya milenial, masyarakat yang sudah berumur 30 tahun keatas pun banyak menggunakan platform social media ini. Anda sudah harus memasarkan produk atau bisnis melalui platfrom-platform ini jika ingin bersaing. Tapi ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara menggunakan platform social media dengan baik.

Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin memasarkan bisnis kuliner melalui social media.

1. Pilih Nama Akun yang Unik dan Mudah diingat

Buatlah nama akun yang sesuai dengan produk kuliner kamu, contohnya bakso malang edan. Maka di semua platform, namanya harus sama.

2. Biodata Lengkap dan Mudah Ditelusuri

Lengkapilah biodata akun social media bisnis Anda. Contohnya seperti alamat email, alamat toko atau outlet, jam buka, dan nomor telepon. Kelengkapan biodata akun social media bisnis Anda dapat membuat konsumen yakin untuk membeli atau berkunjung ke lokasi.

3. Pemilihan Gambar Makanan

Ini adalah langkah bagian penting dari sebuah promosi. Apabila foto yang Anda posting kurang bagus maka orang-orang pun akan ragu. Ambil foto makanan dengan backgorund yang tidak terlalu rumit atau mecolok. Foto produk kulinermu dengan kamera yang bagus, apabila belum ada yang baguss, bisa memakai smartphone dan setelah itu Anda edit supaya hasilnya bagus.

4. Penulisan Caption

Buatlah caption yang menunjang atau menjelaskan foto yang Anda posting. Keluarkan kreativitas Anda disini, Anda bisa menambahkan kata-kata seperti “odading mang Oleh, rasanyaaa muanntaaapp banget”. Jangan lupa promo jika sedang ada promo.

5. Penggunaan Hastag

Dengan menggunakan hastag, jangkauan postingan Anda akan lebih luas dan tepat sasaran. Tapi jangan sembarang membuat hastag, buatlah hastag yang relevan dengan postingan Anda. Contoh jika kuliner Anda adalah baks berarti hastagnya adalah #bakso #makanan #makananIndonesia #Food #kuliner

6. Penggunaan Story

Penggunaan story disini lebih ke informasi harian, semisal sedang ada promo apa hari ini, foto para pengunjung yang datang, dan lain-lain. Platform yang cocok untuk tips yang ke 6 ini adalah instagram, karena kebanyakan orang akan mencari informasi terupdate dari instagram.

Bicara soal instagram, Jaksweb menyediakan Jasa Kelola Instagram. Kami akan menjaga agar social media Anda tetap aktif memberikan informasi dan melayani segala kebutuhan pelanggan serta menjadi sarana untuk promosi secara mudah, murah, dan sampai ke tangan pelanggan.

Silahkan menghubungi kami untuk berkonsultasi.