5 Teknik Membaca Cepat

Jika Anda sedang membutuhkan banyak bacaan sebagai referensi tugas atau pekerjaan, Anda mungkin butuh waktu berjam-jam untuk menghabiskannyaa.

Dengan menggunakan teknik membaca cepat, Anda bisa menyerap lebih banyak ilmu dan pengetahuan dengan waktu yang lebih singkat.

Lalu, apa saja teknik membaca cepat dan bagaimana cara menerapkannya? berikut penjelasannya.

1. Fokus

Fokus menjadi salah satu kunci utama dalam teknik membaca cepat. Salah satu cara untuk fokus, anda bisa mencari tempat yang tenang, atau bisa sambil mendengarkan musik tergantung dari cara Anda masing-masing yang bisa membuat fokus.

2. Memperhatikan Jarak Mata

Jika matamu terlalu dekat dengan buku, Anda akan kesulitan untuk membaca kalimat dari ujung kiri hingga ujung kanan dengan cepat, begitupun sebaliknya. Sebaiknya, jarak mata dengan buku atau artikel yang ideal adalah sekitar 30 sentimeter.

3. Cari Ide Pokok

Ide pokok umumnya terdapat di awal paragraf. Untuk dapat membaca cepat, kamu bisa menemukan ide pokok sebuah paragraf terlebih dahulu.

Biasanya, kalimat-kalimat selain ide pokok hanya merupakan kalimat penjelas.

4. Jangan Mengulang yang Sudah Dibaca

Jika Anda bingung memahami sebuah kata atau kalimat tertentu, lebih baik terus membaca kata-kata selanjutnya. Dengan melewati satu kata, Anda akan tetap memahami pernyataan yang dimaskudkan sebelumnya.

5. Arahkan Mata

Jika belum terbiasa, Anda bisa menunjuk kata yang sedang dibaca dengan menggunakan satu jari atau pensil, setelahnya Anda akan terbiasa tanpa menggunakan bantuan jari atau telunjuk.

Setelah Anda mengetahui 5 teknik membaca cepat, yang perlu Anda lakukan adalah terus berlatih. Semakin banyak berlatih, tentu kemampuan membaca cepatmu akan bertambah.

Teknik membaca cepat diatas tidak selalu bisa diterapkan, terutama jika Anda sedang membaca sebuah buku atau artikel yang butuh pendalaman lebih seperti tutorial.